Selasa, 13 September 2011

Ruang Televisi

Kebanyakan ruang keluarga di Indonesia adalah juga ruang televisi. Ruang Televisi telah menjadi pusat kegiatan keluarga ditiap rumah. Di ruang itu anggota keluarga berkumpul dan duduk untuk berkomunikasi dan melihat tontonan televisi secara bersama-sama.

Sebagai ruang favorit keluarga, ada baiknya memperhatikan penataannya agar terasa nyaman, fungsional dan ‘chik’. Hal –hal yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang TV ini adalah ;

Layout

Susunan meja / bench TV, kursi dan furniture pendukung lainnya harus disesuaikan dengan dengan bentuk dan sirkulasi ruangan. Misalnya meletakkan televisi di dinding masive Agar tidak silau pada saat menonton serta menjadikannya focus perhatian. Ruang TV juga jangan di lalui oleh jalur sirkulasi ruangan agar tidak diganggu oleh lalu lalang penghuni saat menonton.

Meja / Cabinet TV

Jadikan meja / bench ini menjadi focus dan vocal point diruang. Letakkan televisi di tengah meja / bench dan tambahkan aksesories lain disamping meja seperti standing lamp atau vas bunga. Pilih meja yg fungsional yang dapat meletakkan peralatan elektronik televisi dan audio, serta dapat menyimpan media lain seperti buku, koran dll.

Pilihan lain, sedang menjadi trend menutup salah satu bidang dinding televisi dengan cabinet penyimpanan. Ruangan akan terlihat ‘compact’ dan clean karena semua tersimpan rapi di cabinet.

Sofa

Sofa ukuran besar untuk keluarga cocok diletakkan didepan TV, memanjang atau membentuk ‘ L shape’ yang dapat menampung seluruh keluarga. Apabila ukuran ruangan tidak memadai cukup letakkan 1 sofa kecil memanjang dan hamparkan karpet dan bantal didepannya.

Tips menjadikan penataan ruangan anda menarik adalah, adanya kontinuitas dari berbagai elemen pendukung interior baik dari material furniture sampai dengan pemilihan warna. Apabila anda tidak ‘berani’ memadu madankan warna, cukup dengan permainan gradasi warna dari terang ke gelap, misalnya dari warna beige, coklat muda sampai ke coklat tua. Selamat mencoba !.

(seperti yang telah dimuat di tabloid 'Hunianku' author : Syahbuddin Pulungan, ST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar