Selasa, 13 September 2011

Table Setting

Menjelang lebaran 1432 H ini seperti biasa ummat muslim akan merayakannya dengan keluarga besarnya. Sanak saudara yang jauh akan mudik ke kampung halaman untuk sowan ke orangtua dan keluarga besar. Pada hari itu sanak famili akan saling mengunjungi.

Acara keluarga seperti itu biasanya akan diselingi dengan makan bersama, meja makan akan menjadi center point apalagi setelah sebulan penuh berpuasa menahan lapar dan haus. Tidak ada salahnya kita mencoba belajar table setting untuk menjamu tamu.

Table setting atau pengaturan perangkat makan di meja sebenarnya bukan tradisi asli indonesia, namun tidak ada salahnya mengadopsi budaya yang bagus untuk menghormati tamu yang akan dijamu.



Di bawah anda bisa lihat cara menyajikan peralatan makan, ada sedikit perbedaan settingan meja untuk breakfast / sarapan), lunch /makan siang dan dinner /makan malam dalam pengaturannya, yaitu pemilihan wadah minuman yang akan disajikan. Intinya piring utama akan selalu ditempatkan ditengah, sendok dan pisau disebelah kanan, garpu dikiri, gelas di depan piring sebelah kanan serta piring roti dan sendok selai disebelah kiri (lihat gambar). Kita bisa menyesuaikan pakem itu dengan jenis makanan yang akan disajikan, misalnya apabila adalam hidangan kita tidak menyediakan roti maka piring tempat roti dapat kita singkirkan. Table setting itu hanya acuan anda boleh menyesuaikannya dengan adat dan kebiasaan.


Elemen-elemen yang perlu diperhatikan dalam penataan meja ini antara lain ; Bentuk meja dan jumlah kursi harus disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan dijamu, pemilihan perangkat peralatan makan seperti piring-piring, wadah nasi dan lauk harus terlihat ‘benang merah’ keseragamannya, taplak meja berpengaruh besar dalam menampilkan kesan atau tema yang dipilih, kemudian hiasan meja seperti pita napkin, bucket bunga, lilin bahkan lampu gantung yang dipilih diatas meja. Semua itu adalah elemen-elemen yang bisa di kombinasikan hingga menampilkan kesan yang di ingin ditampilkan.



Tips untuk memadankan elemen diatas, yang paling mudah adalah menghubungkan benang merah warna semua elemen. Misalnya tema idul fitri yang identik dengan warna hijau dan kuning ketupat; gunakan taplak meja berwarna hijau, pilih bucket bunga warna gradasi hijau ke kuning atau putih dan beri bunga warna mencolok seperti merah atau ungu untuk center point, gunakan peralatan makan berwarna putih untuk membuat kontras meja (karena taplaknya sudah berwarna hijau, atau dapat dibalik taplak meja berwarna putih dan peralatan makan berwarna gradasi hijau). Pilih lilin berwarna kuning atau putih serta gantungkan lampu bergaris classic untuk membuat kesan elegan.

Menghormati tamu adalah adat yang dijunjung disemua agama dan kebudayaan. Luangkan waktu anda untuk belajar table setting untuk menghormati tamu yang anda jamu di rumah. Keberanian mengexplore adalah kunci dari keindahan table setting anda. Selamat mencoba!

(seperti yang telah diterbitkan tabloid 'Hunianku' author : Syahbuddin Pulungan, ST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar