Selasa, 13 September 2011

Foyer


Foyer menurut kamus adalah serambi,lobi, ruang masuk, tempat menunggu. Foyer dalam perkembangannya mengalami penyempitan makna menjadi ruang transisi atau ruang penghubung antar ruang lainnya.

Foyer akan sangat menarik apabila ditata dengan baik karena akan mengisi ruang-ruang transisi yang biasanya tidak terlalu diperhatikan. Penataan foyer dapat diterapkan pada ; Ruang transisi antara pintu masuk dengan ruang tamu / ruang keluarga, Ruang transisi antara ruang keluarga dengan dapur 3. Ruang transisi menuju tangga ke lantai 2, dll.

Element Foyer

Elemen interior yang sering dipakai untuk penataan foyer ; meja console/credenza, cermin, kursi, lukisan/foto keluarga, standing lamp/aesthetic lamp, artwork dan aksesoris meja seperti vas bunga, koleksi wadah keramik, kristal dll. Console/credenza biasanya dijadikan titik awal mendesain foyer.

Menata Foyer

Penataan foyer dapat terapkan berdasarkan penempatan/letak dan berdasarkan thema. Penataan foyer berdasarkan penempatannya ; Entry foyer , foyer ini sesuai dengan namanya terletak didekat pintu masuk/entrance, elemen interiornya bisa ditata fungsional dengan meletakkan tempat gantungan topi, jaket, payung, kotak sepatu dan aksesories lain yang sering dipakai keluar sebagai pelengkap rumah diatas console . Foyer dalam, contohnya adalah foyer yang menghubungkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Elemen interior yang sering digunakan dalam penataannya adalah credenza dan aksesories, cermin dan kursi. Credenza menjadi object utama pada penataannya dengan meletakkan vas bunga dan cermin diatasnya. foyer ini dapat ditata dengan maksimal apabila menyisakan ruang yang lapang. Foyer khusus, contoh foyer ini adalah foyer tangga. Foyer ini berada pada transisi menuju tangga, ditata lebih simple dari foyer dalam karena terkait dengan aksesibilitas, penataannya jangan sampai mengganggu akses menuju tangga. Foyer khusus harus disesuaikan dengan fungsi utamanya sehingga tidak menggangu keberadaannya.

Foyer dengan Tema. Foyer juga dapat ditata sesuai dengan tema yang di inginkan seperti tema hari – hari besar keagamaan, tema yang disesuaikan dengan pesta yang sedang diadakan seperti pesta valentine, Halloween dll. Kunci mendekorasi foyer ini terletak padapeletakanaksesories ciri khas thema yang di ‘tempelkan’ pada elemen-elemen interior foyer.

Contohnya foyer dengan tema pesta Halloween, hiasan yang biasanya identik dengan halloween seperti labu, daun-daun kering yang berguguran serta warna-warna gelap diterapkan pada penataan aksesories diatas credenza/console.


(seperti yang telah diterbitkan di tabloid 'Hunianku' author : Syahbuddin Pulungan, ST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar