Selasa, 13 September 2011

Library Corner


Pernahkah anda merencanakan ruang perpustakaan di rumah anda? Hampir bisa dipastikan perpustakaan dalam daftar kebutuhan ruang jarang terencana sejak saat awal pembangunan rumah. Selain karena faktor luasan rumah yang terbatas juga karena minat baca dalam keluarga semakin berkurang, jauh tertinggal dari gempuran program acara televisi.

Rumah yang tidak dapat menyediakan satu ruangan khusus untuk perpustakaan sebenarnya bisa menyiasatinya dengan menyatukannya dengan fungsi ruang lainnya. Ruang perpustakaan dapat hadir di ruang keluarga, ruang makan atau ruang tamu.

Ada dua item penting dalam perencanaan ruang perpustakaan ini yaitu space untuk mendiplay buku dan tempat membaca. Salah satu bidang dinding ruangan dapat dijadikan space untuk mendisplay buku. Desain rak-rak buku dapat menjadi covering wall yang menarik apabila didesain unik dan menyatu dengan tema ruangan. Sedangkan pemilihan ruangan eksisting sebagai tempat membaca harus mempertimbangkan faktor pencahayaan, baik pencahayaan alami ataupun buatan (lampu).

Susunan rak buku dapat menjadi vocal point yang menarik dalam suatu rungan. Rak yang didesain penuh menutupi salah satu bidang dinding, dapat menjadi pengganti wall paper. Keberadaan Rak buku juga dapat mempertegas tema ruangan yang ingin ditampilkan dengan cara pengulangan warna dan material furniture dan ruang disekitarnya. Misalnya lantai parket pada lantai akan sangat cozy apabila rak bukunya juga mengekspos material berfinishing kayu sebagai raknya. Cara menyusun buku dan sampul buku yang berwarna warni dirak juga dapat menjadi aksen yang menarik.

Jika anda ingin menghadirkan vocal point yang attaractive pilih desain rak buku yang tidak konvensional, misalnya desain rak diagonal, kombinasi garis lurus dan diagonal dll. Desain rak dapat di explore dari bentuk-bentuk geometris selama tidak menghilangkan fungsi utamanya.

Gemar membaca dapat ditanamkan sedini mungkin dan dapat dimulai dari keluarga. Buku adalah jendela dunia, sumber ilmu dan rujukan. Jadikan rumah anda menjadi lebih hangat dengan menghadirkan library corner disalah satu ruangan pavorit keluarga. Pilih koleksi buku yang bermutu buat keluarga dan dampingi buah hati anda memetik himah dari buku yang dibaca. Selamat mencoba.

(seperti yang dimuat di tabloid 'Hunianku', author : Syahbuddin Pulungan, ST)

1 komentar: