Selasa, 13 September 2011

Menata Kamar Tidur Utama


Kamar tidur adalah tempat terakhir dan dimulainya aktivitas sehari-hari dirumah. Sudah sepantasnya kamar tidur apalagi kamar utama /master bedroom mendapat sentuhan desain untuk kenyamanan beristirahat anda.

Sebelum menata Kamar Tidur Utama sebaiknya membuat list fungsi dan kegiatan utama di kamar tidur anda terlebih dahulu, agar tercapai keinginan kamar yang ideal untuk anda. Misalnya selain istirahat dan rileks, kamar tidur juga tempat membaca, menonton, make up room bahkan tempat bekerja dll, semua kebutuhan itu tentunya disesuaikan dengan bentuk dan besaran ruang. Sebagai catatan Kamar yang terlalu ‘penuh’ juga tidak akan membuat anda tenang dan rileks beristirahat.

Setelah fungsi dan kegiatan utama ditetapkan, lengkapi dengan furniture. Furniture utama dan yang akan jadi center point adalah tempat tidur. Pilih desain tempat tidur sesuai dengan gaya yang diinginkan untuk kamar anda, apakah ingin bergaya classic atau minimalis semua berawal dari desain headboard tempat tidur anda. Nakas disamping tempat tidur juga akan menambah daya tarik tempat tidur anda selain nilai fungsionalnya untuk meletakkan buku atau aksesoris dan lampu baca. Apabila kamar anda luas tambahkan Bench/ meja rendah di kaki tempat tidur selain sebagai tempat duduk juga tempat penyimpanan yang efisien dengan susunan laci.

Untuk mempertegas headboard tempat tidur, sisi bidang dinding dapat dicat dengan warna yang lebih gelap dari bidang dinding lainnya, atau cukup dengan memajang lukisan atau foto keluarga diatas tempat tidur.


Meja console, meja rias atau bench TV adalah pelengkap furniture yang fungsional di kamar anda, pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Meja console atau meja rias dapat diletakkan di depan tempat tidur atau disamping tempat tidur, diatas meja anda dapat memajang frame foto keluarga dengan berbagai ukuran. Sedangkan TV Bench diletakkan di depan tempat tidur.

Untuk menambah kesan hangat anda juga bisa menghamparkan karpet diantara tempat tidur dengan TV Bench. Sesuaikan warna dan motif karpet dengan ruangan, warna monochrome lebih tepat agar ruangan tetap terlihat lapang dan tenang. Apabila ukuran ruangan memadai anda dapat melengkapinya lagi dengan single sofa dan standing lamp disampingnya, digunakan untuk menonton televisi atau membaca buku. Sofa ini dapat diletakkan disamping tempat tidur atau disalah satu sudut ruangan.


Bagi yang merencanakan kamar tidur dari awal lebih baik memesan furniture dengan customed design, karena ukuran furniturenya dapat disesuaikan dengan ruangan dan desainnya dapat dipesan sesuai dengan gaya yang ingin diinginkan, sehingga akan terlihat padu dan compact.

(seperti yang sudah dimuat di tabloid 'Hunianku' author : Syahbuddin Pulungan, ST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar