Selasa, 05 Mei 2009

Reflective Pool

Reflective pool atau kolam pantulan adalah salah satu elemen yang memperkuat karakter suatu bangunan. Salah satu bangunan megah dan fenomenal didunia dengan reflective poolnya adalah Taj Mahal.

Reflective pool menciptakan Suasana terasa sejuk (fakta; reflective pool menurunkan suhu sekitar), semarak (karena bangunan dan benda sekitar dipantulkan ke air) serta lebih kontemplatif (sifat air tenang) cocok untuk meditasi atau relax dipinggir kolam.

Reflective pool sebaiknya satu tema dengan bangunan ataupun taman. Contoh pada gambar adalah revlective pool bertema minimalis. kolam terlihat sederhana / simple tapi ''dalam''.

Langkah-langkah membuat reflective pool minimalis dirumah anda
  • Rencanakan lokasi dan fungsinya selain fungsi estetis (apakah untuk kolam ikan, kolam renang atau hanya benar-benar untuk kolam estetis, hal berpengaruh ke kedalaman kolam). sesuai dengan namanya reflective pool biasanya berbatasan langsung dengan bangunan agar terpantulkan bayangannya, agar lebih menarik air kolam dibuat over flow (melimpah).
  • Pilih material dinding latar kolam senada dengan material dinding dan dasar kolam (satu tone warna dan texture, ingat..tidak harus serupa tapi senada), sebaiknya warna-warna batu biar lebih alami.
  • letakkan art work 3 dimensi di kolam untuk point of interest.
  • Buat deck pool untuk tempat menikmati kolam (relax, meditasi atau yoga...), material lantai bisa dari kayu atau material yang senada dengan dinding kolam.
Lebih dalam lagi berimprovisasi dengan menambahkan tumbuhan, lighting (downlight pada artwork, untuk menambah kesan dramatis dimalam hari), dan fountain. Hal diatas hanya langkah-langkah sederhana dan cepat untuk menciptakan reflective pool bergaya minimalis tapi tetap chic...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar