Sabtu, 09 Mei 2009

How to create rooftop garden



Membuat roof garden sebenarnya susah-susah gampang, susah kalau mau membuat roof garden laiknya seperti taman landed dan gampang apabila kita menyiasatinya dengan kondisi keadaan atap (dak beton) rumah pada umumnya, pertimbangan kekuatan struktur konstruksi atap untuk menahan beban berat taman menjadi pertimbangan utama. Seharusnya untuk membuat roof garden yang intensif harus direncanakan dari awal agar dapat dihitung beban taman dan ditambahkan kekuatan struktur.

Yang akan kita bahas berikut ini adalah extensif rooftop garden, taman yang mudah dipelihara dan memakai tanah dangkal.

cara membuat roog garden sederhana (extensive rooftop garden) :
  • Dasar / Dak beton, dilapis keramik jenis anti slip ,kayu atau lempengan batu alam dengan kemiringan 2% (agar air tidak tergenang).
  • Pilih tanaman, (bukan dari jenis akar tunggal yang besar) dengan jenis daun yang tidak terlalu lebar, meminimalisir tumbang akibat angin kencang.
  • Letakkan tanaman dalam pot, pot bisa di expose tapi bisa juga disembunyikan/ dimanipulasi dengan bak tanaman, agar terlihat lebih landed, bak tanaman bisa dari kayu , bambu atau bahan lainnya (lihat gambar, rooftop garden Lincoln Park).
  • susun tanaman didalam bak tanaman sesuai selera anda, pertimbangkan komposisi, ke seimbangan, gradasi, kontras dan vocal point (unsur estetika).
  • Tambahkan fasilitas tanaman seperti kursi dan meja taman, permainan anak (ayunan atau perosotan) agar taman lebih fungsional dan sering dikunjungi
selamat mencoba...mudah-mudahan ini salah satu usaha kita menurunkan emisi CO2 disekeliling kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar