Senin, 04 Mei 2009

Japanese Dry Garden / Taman Kering ala Jepang



Jepang sampai dengan saat ini adalah 'kiblat' trend taman kering, karena keberadaannya yang telah berabad-abad di jepang dan perkembangannya yang terus menerus sampai ke gaya contemporer.

Ciri taman jepang yang mudah perawatan, bisa diletakkan di halaman yang luas ataupun terbatas, didalam maupun diluar ruangan, kontemplatif ( perenungan, memikirkan) serta berkesan 'clean' menjadikannya gaya taman yang paling cocok untuk rumah berlanggam modern dan minimalis.

tips untuk membuat taman kering ala Jepang ;

  1. Hamparkan batu koral abu-abu ataupun putih, bentuk corak penghamparannya dengan tangan ataupun alat seperti ''sisir'' (lihat foto) biar lebih kontemplatif.
  2. Buat gundukan - gundukan yang menyerupai gunung dari tanah kemudian ditutup rumput, tanam diatasnya bonsai (Konsep taman jepang sebenarnya adalah minatur landskap alam; ada gunung, lembah, sungai/lautan. Silahkan interpretasikan elemen-elemen taman kering kedalam konsep tersebut, contoh; mengganti unsur air dengan batuan koral, batu besar yang sudut-sudutnya tajam sebagai tebing).
  3. Letakkan batu-batu besar (batu suiseki, batu yang berkarakter kuat).
  4. praktekkan.....selamat mencoba.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar