Kamis, 06 Oktober 2011

DESK CORNER

Kadangkala pekerjaan kantor yang menumpuk menuntut kita terpaksa untuk membawa pulang pekerjaan kantor kerumah, atau sekarang ini banyak eksekutif yang mengendalikan bisnisnya dari rumah. Hal ini semakin menambah daftar panjang kebutuhan ruang untuk sebuah rumah hunian yang ideal.

Untuk rumah yang mempunyai space yang luas anda dengan leluasa dapat menyisihkan ruangan untuk home office. Tapi lain halnya apabila rumah anda mempunyai luasan yang terbatas, sementara kebutuhan untuk ruang kerja tetap menjadi prioritas. Hal itu sebenarnya tidak akan menjadi masalah apabila kita pandai menyiasatinya dengan menghadirkan ‘desk corner’ atau sudut meja kerja.

Seperti namanya desk work corner hanya membutuhkan salah satu sudut ruangan untuk meletakkan meja, kursi dan lemari arsip. Biasanya sudut ruangan yang digunakan untuk ruang kerja ini adalah ruangan yang sifatnya privat, seperti dikamar tidur agar terhindar dari gangguan pada saat anda bekerja. Akan tetapi apabila kamar tidur anda juga tidak cukup luas, anda dapat memanfaatkan ruangan yang sifatnya semi privat seperti diruang keluarga atau bahkan memanfaatkan space yang jarang digunakan seperti dibawah tangga dll.

MENATA DESK CORNER

Konon meja kerja adalah cerminan dari kepribadian seseorang, dari susunan dan penataannya kita dapat mengetahuitaste sampai profesi seseorang. Secara tak sadar pemilihan furniture dan aksesories serta bagaimana anda menatanya akan menunjukkan kepribadian anda. Misalnya meja kerja seniman yang akan berbeda jauh dengan meja kerja seorang engineer dll.

Furniture yang dibutuhkan untuk menciptakan sudut meja kerja anda adalah ; meja kerja, kursi kerja yang ergonomis, lemari arsip dan aksesories pelengkap seperti jambangan bunga, frame lukisan dll. Pilih furniture dan aksesories sesuai dengan tema ruangan serta image yang ingin ditampilkan. Misalnya gaya neo classic untuk menegaskan bahwa anda orangnya elegant dan senang akan detail. Hal ini penting apabila sewaktu-waktu rekan kerja atau client anda datang berkunjung kerumah, anda bisa menjual citra anda.

Hal yang penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah sumber cahaya. Kegiatan baca tulis membutuhkan pencahayaan maksimal. Pilih sudut meja kerja anda didekat jendela agar dapat memaksimal cahaya alami disiang hari. Untuk sumber cahaya listrik gunakan table lamp agar cahaya lebih focus dan tidak menyilaukan ruangan. peralatan kerja yang membutuhkan arus listrik dan line cable seperti printer, line telephone, internet dll sebaiknya diletakkan pada sisi yang paling dekat dengan sumber arus agar meja tetap terlihat rapi dan kabel tidak malang melintang dibawah meja.

Untuk mempertegas sudut meja kerja anda pertegas salah satu bidang dinding sudut ruangan dengan warna yang lebih tua dari sekitarnya atau memajang lukisan dan frame foto yanga akan mejadi latar meja kerja anda. Alternative lain adalah membuat 'batas teritory' dilantai dengan memasang karpet atau membedakan material lantai sehingga sudut meja kerja anda lebih terasa meruang. selamat berkreasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar