Sabtu, 02 Mei 2009

Taman Minimalis



Seiring dengan trend langgam arsitektur minimalis di Indonesia, maka taman sebagi pelengkap rumah (biasanya halaman/ruang sisa yang tidak terencana di sekeliling bangunan) juga mengikuti trend gaya minimalis. Khusus untuk taman minimalis sebenarnya sudah lama dikenal kecenderungannya mirip ataupun akar gaya minimalis mengarah ke gaya taman jepang.

Taman jepang identik dengan taman yang simple dan dekat dengan alam, dimana ada 3 unsur material karakter yang menonjol disitu yaitu; batu (batu koral kecil, warna hitam & putih, atau batu besar sebagai element landscape), air dan pohon. ketiga unsur material itu diolah hingga tercipta harmoni yang dalam, tenang, simple dan "clean".

Semangat/roh dan nilai dari taman jepang itulah kemudian yang diadopsi dan lebih disederhanakan (pertimbangan kemudahan perawatan) hingga jadi taman minimalis. Seperti terlihat pada gambar diatas, batu koral putih yang dihampar, pohon yang simple (biasanya berdaun kecil) serta kolam reflectif di depan rumah sudah cukup menjadikan taman rumah kita terlihat bergaya minimalis....simpel bukan??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar